BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di PT Tip Top Supermarket yang berlokasi di Jl. Balai Pustaka Timur No. 31-35 Rawamangun, Jakarta Timur. Objek yang akan diteliti oleh penulis adalah Kinerja Karyawan di PT Tip Top Supermarket. Seberapa pengaruh etos kerja Islami terhadap kinerja karyawan, karena etos kerja Islami di perusahaan retail yang menerapkan konsep ajaran Islam seperti PT Tip Top Pasar Swalayan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seluruh karyawan guna meningkatkan kinerja para karyawan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui metode penyebaran kuesioner, penelitian yang dibagikan secara langsung kepada seluruh karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun sebanyak 50 karyawan atau responden. Penyebaran kuesioner ini dilakukan pada bulan Mei 2018
Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, di mana penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Metode penelitian ini merupakan penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numeric (angka) yang diolah menggunakan statistik sehingga akan diperoleh hubungan yang signifikan antar variabel yang diteliti.

Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan atau Field Research ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Berdasarkan metode, penelitian ini termasuk penelitian survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Penelitian ini juga termasuk religius research karena meneliti praktik-praktik ajaran agama.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Berdasarkan sifatnya, penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu kegiatan penelitian yang diawali dengan mengumpulkan data lapangan kemudian disusun secara sistematis dan diolah menggunakan program aplikasi komputer yaitu Statistical Product and Service Solution (SPSS) for windows. Setelah diketahui hasilnya, kemudian ditafsirkan dan dideskripsikan menggunakan kalimat untuk memberi gambaran dan penjelasan mengenai pengaruh etos kerja Islami terhadap kinerja karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengetahui pengaruh etos kerja Islami terhadap kinerja karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun. Objek yang akan diteliti adalah etos kerja Islami, dengan asumsi etos kerja Islami sebagai variabel X, dan kinerja karyawan sebagai variabel Y.

Populasi dan Sampel
Menurut Sugiyono, populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT Tip Top Supermarket Rawamangun sebanyak 330 karyawan.

Sampel merupakan bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling dengan menggunakan Simple Random Sampling, di mana setiap unsur (anggota) populasi memiliki peluang kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel, yang pengambilan anggota sampelnya dilakukan secara acak dan harus representatif (mewakili).

Dalam penelitian ini, peneliti mempersempit populasi dengan menggunakan kaidah yang diberikan Suharsimi Arikunto sebagai penentuan jumlah sampel. Menurut Suharsimi Arikunto, dalam pengambilan sampel penelitian jika subjeknya kurang dari 100 orang sebaiknya diambil semuanya namun jika subjeknya besar atau lebih dari 100 orang dapat diambil 10-15% atau 20-25% atau lebih. Penelitian evaluasi ini mengambil seluruh karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun sebanyak 330 karyawan. Berdasarkan jumlah populasi tersebut, peneliti mengambil 15% dari populasi sehingga jumlah sampelnya adalah 15% x 330 karyawan = 50 orang responden.

Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data merupakan langkah utama yang sangat penting dilakukan guna mendapatkan data akurat yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Dari data-data akurat yang telah didapatkan, peneliti dapat mengambil kesimpulan yang benar. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder.

Data Primer
Data primer merupakan sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data. Terdapat dua metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer dalam penelitian ini, yakni sebagai berikut.

Kuesioner
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner secara personal. Teknik ini memberikan tanggung jawab kepada responden untuk membaca dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peneliti. Peneliti dapat memberikan penjelasan mengenai tujuan survey dan pertanyaan yang kurang dipahami oleh responden serta tanggapan atas kuesioner dapat langsung dikumpulkan oleh peneliti setelah diisi oleh responden.

Kuesioner yang digunakan bersifat tertutup, yaitu mengajukan pertanyaan langsung kepada responden mengenai variabel-variabel penelitian yang telah ditentukan sebelumnya. Kuisioner dilakukan dengan membuat daftar pertanyaan yang berkaitan dengan objek yang diteliti, diberikan kepada karyawan yang berhubungan langsung dengan objek yang diteliti yaitu karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun. Metode kuesioner ini dilakukan untuk pengambilan data mengenai etos kerja Islami serta pengaruhnya terhadap kinerja karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun.

Teknik pengolahan data hasil kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Untuk setiap item instrumen mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif yang berupa kata-kata. Untuk keperluan analisis kuantitatif, maka jawaban responden kemudian diberi skor seperti pada tabel berikut ini.

Tabel 3.1
Penentuan Jawaban Kuesioner
No Jenis Jawaban Skor
1 Sangat Setuju 5
2 Setuju 4
3 Ragu-Ragu/Netral 3
4 Tidak Setuju 2
5 Sangat Tidak Setuju 1
Sumber: Sugiyono (2016, 93)
Dalam penelitian ini, peneliti memodifikasi kuesioner dari penelitian sebelumnya, penelitian tersebut membantu penyusun dalam merumuskan kuesioner untuk penelitian ini. Peneliti mengadopsi kuesioner etos kerja Islami dari skripsi Nino Megiawan Febriantoro dengan judul Pengaruh Etos Kerja Islam Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kc Ciputat). Kemudian kuesioner kinerja karyawan diambil dari skripsi Annidjatuz Zahra dengan judul Pengaruh Etos Kerja Islami Terhadap Kinerja Karyawan Di CV Sidiq Manajemen Yogyakarta.
Wawancara (Interview)
Wawancara dilakukan dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan penelitian guna mendapatkan informasi atau data yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan, baik dengan tatap muka atau telepon. Dalam hal ini peneliti akan memberi pertanyaan langsung kepada manajer dan karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun. Teknik wawancara yang dilakukan adalah wawancara tidak terstruktur, yaitu wawancara yang bebas di mana peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis dan lengkap untuk pengumpulan datanya.

Data Sekunder
Data sekunder merupakan sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data. data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa riset perpustakaan yang berasal dari buku, jurnal-jurnal, dan informasi dari internet yang relevan dengan penelitian ini. Selain itu untuk mendukung penelitian ini, peneliti juga menggunakan data tentang gambaran umum PT Tip Top Supermarket Rawamangun.

Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Uji Statistik Deskriptif
Statistik deskriptif memberikan gambaran atau deskripsi suatu data yang dilihat dari nilai rata-rata (mean), standar deviasi, varian, maksimum, minimum, range, kurtosis dan skewness (kemancengan distribusi).

Uji Kualitas Data
Uji Kualitas data dilakukan untuk menguji kecukupan dan kelayakan data yang digunakan dalam penelitian. Kualitas data bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument sebab berpengaruh pada kualitas data.

Uji Validitas
Uji validitas digunakan untuk mengukur sah atau valid tidaknya suatu kuesioner. Suatu kuesioner dikatakan valid jika pertanyaan pada kuesioner mampu untuk mengungkapkan suatu yang akan diukur oleh kuesioner tersebut. Jika t hitung lebih besar dari t tabel, maka hipotesis tidak dapat ditolak atau valid.

Uji Reliabilitas
Suatu kuesioner dikatakan reliable atau handal jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Untuk mengukur reliabilitas dengan menggunakan koefisien Conbrach Alpha (?). Suatu konstruk atau variabel dikatakan reliable jika memberikan Cronbach Alpha lebih besar dari 0,70.

Uji Asumsi
Dalam penelitian ini, uji asumsi yang akan dilakukan adalah uji normalitas. Uji normalitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi, variabel independen dan variabel dependen keduanya mempunyai distribusi normal atau mendekati normal. Dalam penelitian ini, uji normalitas menggunakan Normal Probability Plot (P-P Plot). Suatu variabel dikatakan normal jika gambar distribusi dengan titik-titik data yang menyebar di sekitar garis diagonal, dan penyebaran titik-titik data searah mengikuti garis diagonal.

Uji Hipotesis
Analisis Regresi Sederhana
19792951666875Y = a + B X
0Y = a + B X
Analisis Regresi Sederhana digunakan untuk meramalkan atau memprediksi variabel terikat (Y) apabila variabel bebas (X) diketahui. Regresi sederhana didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal satu variabel independen dengan satu variabel dependen. Persamaan umum regresi linier sederhana adalah:
Keterangan
Y: Subyek dalam variabel dependen yang diprediksikan
a: Harga Y ketika harga X = 0 (harga konstan)
B: Angka arah atau koefisien regresi, yang menunjukan angka peningkatan
ataupun penurunan variabel dependen yang didasarkan pada perubahan
variabel independen. Bila (+) arah garis naik, dan bila (-) maka arah garis
turun.

X: Subjek pada variabel independen yang mempunyai nilai tertentu.

Koefisien determinasi (R²)
Koefisien determinasi (R²) bertujuan mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel dependen (kinerja karyawan). Nilai koefisien determinasi adalah antara nol dan satu. Nilai yang mendekati satu berarti variabel independen memberikan hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variabel dependen. Tinggi rendahnya variabel independen mempengaruhi variabel dependen ditentukan oleh nilai koefisien determinasi. Pengaruh tinggi rendahnya koefisien determinasi tersebut digunakan pedoman yang dikemukakan oleh Guilford yang dikutip oleh Supranto adalah sebagai berikut:
Tabel 1.6
Tinggi Rendahnya Koefisien Determinasi
Pernyataan Keterangan
<4% Pengaruh Rendah Sekali
5% – 16% Pengaruh Rendah Tapi Pasti
17% – 49% Pengaruh Cukup Berarti
50% – 81% Pengaruh Tinggi atau kuat
>80% Pengaruh Tinggi Sekali
Uji Signifikansi Parsial ( Uji t )
Uji statistik t menunjukkan seberapa jauh pengaruh satu variabel penjelas atau independen secara individual dalam menerangkan variasi variabel dependen dan digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh masing-masing variabel independen secara individual terhadap variabel dependen yang diuji pada tingkat signifikansi 0,05. Untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Uji t dilakukan dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel. Kriteria ujinya yaitu:
Jika, t tabel < t hitung < t tabel, maka Ho diterima.

Jika, t hitung < -t tabel atau t hitung > t tabel, maka Ho ditolak.

Berdasarkan signifikansi:
Jika signifikansi > 0,05, maka Ho diterima.

Jika signifikansi < 0,05, maka Ho ditolak.

Uji Signifikansi Simultan ( Uji F )
Uji statistik F menunjukkan apakah semua variabel independen atau bebas yang dimasukkan dalam model mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen atau terikat. Uji statistik F digunakan untuk mengetahui semua variabel independen yang dimasukkan dalam model regresi secara bersama-sama terhadap variabel dependen yang diuji pada tingkat signifikan 0,05. (Ghozali, 2013: 98)